In the end, it's not going to matter how many breaths you took, but how many moments took your breath away.

Monday, October 10, 2011

Selamat tinggal zona nyaman, selamat datang tantangan! :)

Hell-o! So happy to be here again, my blog. Akhirnya, saya memilih untuk membuat blog baru, dari sekian banyak blog yang saya punya tapi lupa semua passwordnya. Ahey. Anyway, dimulai dari blog pertama ini, saya akan menceritakan kehidupan saya di Prancis. Yeah.. saya resmi menginjakkan kaki di negara yang saya dambakan semasa kuliah dulu. Negara yang bahasa, sejarah dan kesusastraannya saya pelajarin betul-betul selama 3,5 tahun. Hahaha. Dulu sih sumpah serapahnya: "Gila aja lo..udah susah-susah kuliah Sastra Prancis tapi gak bisa ke negara aslinya mah kebangetan!". Tapi sekarang sumpah serapah itu jadi kenyataan. Gak tau gimana caranya, tapi saya bener-bener ada di Prancis sekarang. Sumpah. Beneran deh.Suerr.
Jadi, mari teman-teman yang merasa sedang berjuang akan mimpinya, lakukanlah sumpah serapah. Hahaha, gak gitu juga kali, Jie. :s

Mau tau gak gimana caranya saya bisa sampe disini? (baca : Prancis)

Caranya pun sangat mengejutkan. Lebih ngagetin waktu saya masuk Istana Boneka di Dufan. (Padahal apa juga yang bikin kaget di Istana Boneka). Oke lanjut.

Buat yang belum tau saya, sekilas tentang diri saya ya, saya itu penyiar radio, udah kerja kurang lebih 4 tahunan jadi buruh suara. Saya pindah-pindah radio, pertama kali di radio komunitas Universitas Indonesia, which is yang denger cuma anak-anak sekitaran UI, pocin, kukel, kutek, dan ku ku lainnya, hehehe. Lalu, saya masuk ke radio swasta. Gak nyangka kan, saya bisa menjadi bagian dari Sarinah lantai 8 alias MRA Media Group ( baca: Trax FM)? Bangga saya jadi traxtroopers, paling nggak diakui sebagai anak paling HITZZZ di Jakarta, haha. Saya siaran 2 tahun di Trax FM dan kemudian pindah ke Global Radio awal Desember 2010 sebagai produser dan penyiar.

Gini ya. Saya tuh gak habis pikir, saya bisa merealisasikan keinginan dan passion sebagai penyiar radio. Aduh beneran deh. Sedari dulu, waktu jamannya masih duduk di bangku SMA, tanyaaaaa deh sama temen-temen saya, cita-citanya Rezzy pengen jadi apa, semuanya pasti kompak menjawab : PENYIAR RADIO. Eh, 2 tahun kemudian, I'm one of the coolest announcer in J-Town. (Coolest-nya ditambahin aja biar saya-nya seneng).:D

Eits.. jangan sangka saya cuma diem dan dapet rejeki nomplok gitu aja ya. I worked hard. Saya pun gak bilang kalo saya beruntung. Saya cuma bisa ngegabungin kesempatan, usaha dan doa. Dan Tuhan mengiyakan, trus kejadian deh.

Saya inget banget gimana perjuangan untuk jadi penyiar. Dari interview sana-sini, dikerjain, disuruh mixing jam 12 malem, siaran jam 2 pagi (menurut lo siapa yg mau denger?), dan semua jungkir baliknya udah saya rasain dan lewatin. Saya apply CV ke semua radio swasta, mulai dari Prambors, Mustang, Global Radio, sampe yang terakhir Trax FM. Saya ikutin semua persyaratannya, bikin CV kreatif, sample voice, psikotes, tes pergaulan (sumpah ini beneran ada di salah satu radio swasta loh!), dan tes unjuk bakat. Ah sungguh berapi-api saat itu karena emang niat banget jadi penyiar!

See... usaha saya membuahkan hasil. Tuhan mengiyakan keinginan saya. :)

Empat tahun di dunia penyiaran, membuat saya merasa gak mau bergerak kemana-mana. Dalam arti, saya udah "terlalu enjoy" dengan dunia saya ini. Pernah gak sih ngerasa otak tuh kosong karena ilmu yang diserap itu-itu aja? Singkatnya gini, saat saya bekerja, semakin kesini saya semakin gak butuh mikir lagi karena semuanya udah terkonsep diluar kepala dan saya sudah hafal. Kemudian saya merasa ada yang salah karena saya bekerja sudah tidak ada tantangannya lagi. Salah besar kalau saya bertahan di zona nyaman ini.

Entah gimana caranya, saya bersemedi, pergi jauh dari Jakarta untuk nyari inspirasi. Ternyata, saya  teringat sesuatu, saya masih punya mimpi lain, yaitu pergi ke Prancis. Tujuan utamanya sih karena saya mau sekolah lagi. Cuma ya kaaann... saya bukan anaknya jendral dan bapak saya gak punya gudang uang, jadi saya mulai singkirkan deh tuh keinginan itu karena saya pikir terlalu jauh dari jangkauan. Kembali saya berpikir dan keputusan jatuh pada keinginan saya untuk stay di Global Radio selama 1,5 tahun dan kemudian resign untuk mencoba berbisnis.

Gak ada angin, gak ada ujan, keadaan berubah drastis. Suatu tawaran yang gak disangka-sangka menghampiri saya (sekali-kali jodoh kek yah yang nyamperin :p). Ada tawaran ke Prancis yang dilimpahkan oleh teman satu kampus saya, Siska Martina ( Baca : pacarnya penyanyi Sandhy Sondoro. Penting ye? hehehe). Lawak sih nih ceritanya. Tawaran datang bulan Mei 2011 dan saya sudah harus berangkat di September 2011. Padahal ya, awal tahun aja saya gak ada niat buat living abroad, eh tau2nya..... you can imagine what I feel. (Cerita tawaran itu akan diceritakan di blog berikutnya. Sabar kakakkk...! :D )

Pada dasarnya, ini bukan tawaran biasa, ini tawaran yang akan membuat hidup saya berubah 180 derajat di negara orang, sendiri pula. Sekarang pilihannya adalah : 1. Keluar dari comfort zone dan memulai hidup baru dari nol, atau 2. Bertahan di comfort zone yang hanya bisa membuat saya terkungkung dengan sesuatu yang sangat nyaman?. Kemudian saya pilih....

Pilihan pertama.

Karena saya pikir, saya masih muda, saya belum berkeluarga, saya masih bisa melakukan apapun yang saya inginkan. Saya juga bisa menambah banyak pengalaman, wawasan, dan teman, yang kemudian akan menjadi cerita di masa depan nantinya. Kata orang-orang yang saya ceritakan sih, tanggapan mereka hampir sama : "Hebat lo ya, nekat abis jadi orang!"

But hey, kapan lagi ada kesempatan kayak gini? Ke Prancis loh..! Bukannya Perempatan Ciamis, tapi beneran Prancis yang di Eropa itu. Tuhan ngasih kesempatan kok malah disia-siain, ya kan?
Coba deh mulai sekarang dipraktekin istilah "Living life to the fullest", biar bisa lebih memaknai hidup.

Guys, hidup cuma sekali dan BERGERAKLAH selagi bisa. Kenapa harus bertahan sedangkan dunia luar sudah menanti untuk dijelajahi?


Fiona Apple - Across The Universe.mp3

3 comments: